Efektivitas Dalam Sebuah Pelatihan

Tahap akhir secara logis dalam proses pelatihan adalah untuk mengetahui seberapa efektif pelatihan yang telah dilaksanakan. Ada beberapa orang yang tidak setuju mengenai hal ini,  namun praktik cenderung untuk menyarankan bahwa dalam banyak organisasi, validasi pelatihan akan diabaikan atau pun memang mendekati dalam ketidakyakinan dan ketidakprofresinalan. Dalam beberapa organisasi, telah diklaim bahwa validasi itu terlalu mahal, tidak dapat terlalu membuktikan apapun karena pelatihan tidak dapat dinilai dari sisi keuangan. Beberapa pelatih telah membuktikan suatu pendekatan pertahanan untuk divalidasi karena mereka telah merasa bahwa hal itu menimbulkan kritik dan kesalahan yang merata apabila pelatihan tidak dapat berjalan dengan semestinya. Bagaimanapun juga, apabila pelatihan bertujuan untuk menikmati profil tinggi yang memang seharusnya dimiliki, kemudian melalui pengesahan dari aktivitas-aktivitas merupakan hal yang vital, jadi bersama dengan departemen lain, departemen pelatihan dapat mendemonstrasikan kepantasannya.

Bagi banyak pelatih, evaluasi telah mengambil banyak pengertian yang samar-samar namun secara umum dilihat sebagai proses dari usaha untuk mengukur total nilai dari pelatihan yang berupa keuntungan dan pengeluaran umum yang menguntungkan organisasi sebaik nilai dari peningkatan penampilan dari mereka yang telah melakukan pelatihan.

Hubungan erat antara aktivitas validasi internal, validasi eksternal, dan evaluasi menghasilkan kebutuhan bagi pendekatan yang digabungkan untuk menilai kefektifan pelatihan. Langkah-langkah atau level dari pendekatan yang merupakan hasil dari tulisan Hamblin (1974) dan Kirkpatrick (1967) adalah :

  • Reaksi : Bagaimana para siswa dan pelatih bereaksi terhadap pelatihan, perasaan mereka mengenai struktur dan konten dari pelatihan dan metode yang digunakan.
  • Belajar : Prinsip-prinsip, faka-fakta an teknik-teknik yang dipelajari oleh para siswa.
  • Perilaku bekerja dan penampilan : Perubahan dalam perilaku bekerja dan penampilan yang dihasilkan dari pelatihan atau bagaimana belajar di level sebelumnya telah di aplikasikan oleh para siswa.
  • Organisasi : Hasil nyata dari pelatihan dalam istilah peningkatan keorganisasian dan perubahan.

Tingkat yang lebih jauh dapat ditambah atau dikembangkan dari level organisasi. Hal ini berkaitan dengan hasil dimana pelatihan memiliki suasana organisasi atau sifat pelatihan, kesehatan umum dari pelatihan dan kemungkinan dari pelebaran dalam organisasi dan jenis dari suasana belajar dimana organisasi membantu berkembang.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


56 − = 54